Agar Masa Pensiun Tetap Sejahtera dan Kaya

Manusia tentunya memiliki batasan usia saat berkarya. Apalagi, bila Anda bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan atau institusi lainnya. Umumnya, usia pensiun ditetapkan saat usia menginjak 55 tahun.

Pensiun adalah perkara yang sangat rumit, terutama bagi pelaku pensiun. Bagaimana tidak? Anda yang selama bertahun-tahun memiliki jabatan dan penghasilan tetap, punya target-target yang harus dipenuhi, serta kreativitas dan sikap maju dalam kompetisi kerja yang berakhir saat memasuki usia pensiun.

Tanpa persiapan, Anda dapat merasa sengsara saat menjalani masa pensiun. Sengsara di sini bukan hanya berarti secara materi karena tidak cukup, tetapi juga melingkupi secara mental. Yaitu, tidak memiliki persiapan secara mental untuk dapat mengarungi kehidupan di masa pensiun. Akibatnya, sindroma pasca-kekuasaan, di mana seseorang merasa kehilangan kekuasaan akibat kehilangan jabatan saat pensiun.

Persiapan juga bisa menjadi sesuatu yang menjebak. Artinya, saat Anda sudah merasa yakin dengan persiapan yang Anda lakukan, pada kenyataan, persiapan itu ternyata tidak mencukupi kebutuhan Anda dan keluarga semasa pensiun. Salah satu persiapan yang dapat menjebak Anda adalah fasilitas pensiun dari kantor tempat Anda bekerja. Mengapa? Karena pada banyak kasus, uang pensiun yang diterima tidak cukup besar untuk menunjang gaya hidup semasa masih bekerja. Padahal, selama bekerja, Anda merasa yakin bahwa pensiun yang diterima dari kantor bakal mencukupi.

Baca Pula: Pilih Asuransi UnitLink atau TermLife?

Itu sebabnya Anda perlu merencanakan persiapan pensiun di luar yang sudah disediakan oleh kantor. Cara paling mendasar adalah dengan menabung, baik di tabungan ataupun deposito. Kekurangannya, nilai uang Anda akan tergerus inflasi. Asuransi juga merupakan salah satu persiapan yang baik, terutama dalam hal proteksi atas berbagai hal yang tidak diinginkan. Selain tabungan dan asuransi, investasi juga patut Anda pertimbangkan yang bisa menggantikan nilai tabungan dan deposito yang turun akibat inflasi. 

Sumber : http://www.eciputra.com/berita-5857-agar-masa-pensiun-anda-tak-sengsara.html

Masukkan email untuk berlangganan:

0 Response to "Agar Masa Pensiun Tetap Sejahtera dan Kaya"

Posting Komentar