Mengapa Nonton Bioskop Baik Untuk Lansia?

Nonton bioskop, Lagunya Benyamin S menceritakan sepasang muda mudi tempo dulu yang memadu kasih sambil nonton bioskop. Gak beda jauh dengan jaman sekarang, Bioskop masih menjadi salah satu tempat favorit anak-anak muda. Tapi bagus juga lho para lansia pergi ke bioskop. Selain cari hiburan, juga bermanfaat untuk kesehatan. Lho... kok bisa?

Pergi ke bioskop untuk menyaksikan film-film baru tidak hanya bermanfaat sebagai hiburan saja. Pada orang-orang lanjut usia (lansia), menyaksikan film di bioskop juga diyakini bermanfaat untuk mencegah alzheimer.

Apa itu Alzheimer? Alzheimer adalah gangguan otak atau demensia (pikun) yang menahun, terus berlanjut dan tak dapat kembali seperti semula. penyebabnya tidak pasti dan obatnya juga belum ada yang betul-betul mujarab. Karena itulah Alzheimer bersinonim dengan orang-orang lanjut usia (lansia). Alzheimer adalah salah satu penyakit yang di cover oleh Asuransi Allianz Life

Akademisi di Southampton University mengatakan menonton film dengan cerita yang tidak terlalu memberatkan disertai alur cerita yang baik bisa membantu merangsang otak dan mencegah endapan zat-zat berbahaya bagi otak. Apalagi, mendiskusikan film setelah menontonnya bisa menjaga otak tetap aktif dan mencegah pembentukan plak penyebab alzheimer.

Dalam tesisnya, Dr Roxana Carare dan koleganya di musim panas ini akan mengamati 40 orang lansia yang mengalami gangguan mengingat dan konsentrasi ringan. Separuh dari peserta akan pergi ke bioskop satu sampai dua kali seminggu. Mereka juga diminta mendiskusikan alur cerita film tersebut dan menceritakan apa yang mereka lakukan selesai nonton film.

"Stimulasi intelektual seperti ini bisa mencegah penumpukan racun di otak yang disebut amiloid-beta yang menyebabkan penyakit alzheimer. Untuk menghilangkan racun itu, pembuluh darah harus sehat, caranya dengan melakukan 'olahraga' yang merangsang fungsi otak," terang Dr Carare.

Baca juga: Poin-Poin Penting Asuransi Kesehatan Yang Harus Anda Lakukan

Dikatakan Dr Carare, film bisa merangsang otak berdasarkan proses melihat dan mendengar yang dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan mendiskusikannya. Disarankan, para lansia menyaksikan film dengan bobot cerita yang tidak terlalu berat dan lucu, kemudian dengan peran yang usianya juga sudah lanjut.

"Sehingga cerita film lebih bisa dinikmati dan pemerannya bisa merefleksikan si penonton sendiri. Berbeda dengan film-film science yang mungkin bisa memberatkan para lansia," lanjut Dr Carare, dikutip dari Daily Mail.

Ia menerangkan amyloid akan membentuk dinding di pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi kaku dan kehilangan kemampuannya untuk menyingkirkan racun. Karena pengaruh gen, beberapa pasien memang ada yang memiliki pembuluh darah lemah.

"Akibatnya, secara bertahap, racun tetap akan terkumpul dan membentuk endapan yang disebut plak di mana plak tersebut bisa merusak sel kemudian menyebabkan penyakit Alzheimer," kata Dr Carera.

So, sudah siap ngajak orang tua Anda nonton Fast & Furious 7 ?? Sebaiknya jangan. Cari film yang lain saja hehehe

Sumber : http://health.detik.com/read/2015/04/02/195938/2877432/763/nonton-film-di-bioskop-diyakini-bisa-bantu-lansia-cegah-alzheimer 

Masukkan email untuk berlangganan:

0 Response to "Mengapa Nonton Bioskop Baik Untuk Lansia? "

Posting Komentar