Mengenal Serangan Jantung

Salah satu penyakit kritis yang di cover Allianz yaitu Penyakit jantung. Sampai kini masih tercatat sebagai dua penyakit yang menelan banyak korban jiwa tak terkecuali keluarga dan orang yang dekat dengan kita.

Setiap tahun, jutaan orang di seluruh dunia mengalami serangan jantung. Tidak semua serangan jantung mengakibatkan kematian. Namun, umumnya setiap pasien yang pernah mengalami serangan jantung menderita beberapa dampak lanjutannya. Sedangkan sisanya tidak tertolong lagi.

WHO menyebutkan penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia, karena itulah alasannya mengapa banyak orang yang sadar akan kebutuhannya melindungi diri dari penyakit kritis dengan membeli polis Asuransi khususnya di Allianz. Dari data yang diperleh tahun 2008 saja ada 7,25 juta orang di dunia yang meninggal akibat penyakit jantung. jumlahnya sekitar 12,8%. Jadi sangat beralasan jika kita perlu mewaspadai penyakit jantung.

Serangan jantung yang paling sering terjadi adalah  darah yang menyempit, atau arteriosklerosis. Kejadiannya,  pasokan darah ke jantung jauh berkurang, sehingga otot jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Penderita merasakan nyeri , akhirnya otot jantung akan mati. Saat seseorang mengalami serangan jantung, ia harus segera dibawa ke instansi kesehatan. Selambatnya 6 jam sejak terjadi serangan

Gejala berikut ini merupakan ciri khas pada penderita serangan jantung , namun juga dapat muncul pada gangguan jantung lainnya.

  1. Dada terasa tidak enak, nyeri,atau berat. Nyeri menyebar ke lengan kiri, leher, rahang, dan punggung.
  2. Nyeri bermula tiba-tiba, namun kemudian berkembang beberapa menit.
  3. Penderita memegang dadanya, badannya sedikit membungkuk.
  4. Tidak merespons (tak sadarkan diri). Henti napas dan denyut nadi tidak teraba.
  5. Mengalami gangguan pernapasan. Pada penderita gagal jantung biasanya muncul berupa sesak napas setelah melakukan aktivitas fisik.
  6. Denyut nadi tidak normal (cepat, lemah,atau tidak teratur).
  7. Jantung berdenyut (palpitasi)
  8. Pembuluh darah balik melebar, baik di lehermaupun tubuh bagian atas.
  9. Bengkak di pergelangan kaki.
  10. Mual di perut, muntah, rasa takenak di lambung.
  11. Kepala terasa ringan.


Bedanya dengan stroke, Pada serangan jantung, fase awal yang paling mudah dikenali adalah adanya rasa nyeri di dada kiri. Sementara pada  stroke, tandanya adalah rasa bebas dan tidak bisa menggerakan anggota badan.


Masukkan email untuk berlangganan:

0 Response to "Mengenal Serangan Jantung"

Posting Komentar