Sudah Punya Asuransi Dari Kantor, Asuransi Pribadi Perlukah?

Bagi para pegawai, asuransi umumnya sudah ditanggung pihak kantor. Namun masih banyak yang bertanya, perlukah memiliki asuransi pribadi dan apa manfaat memiliki lebih dari satu?

Bagi masyarakat modern, memiliki Asuransi sudah menjadi bagian dari kehidupan, mengingat tempat bekerja biasanya telah menyediakan fasilitas asuransi kesehatan untuk karyawannya. Tetapi tidak sedikit pekerja yang berinisiatif untuk menambah perlindungan diri dengan membeli Asuransi jiwa.

Perlindungan diri terhadap kecelakaan dibutuhkan setiap orang baik di tempat kerja maupun dalam perjalanan sekalipun. Bahkan orang yang memutuskan untuk diam saja di rumah pun terpapar risiko seperti bencana alam atau pesawat yang jatuh. Seberapa krusialkah memiliki asuransi melebihi dari apa yang sudah diberikan kantor? Kamipun berbincang dengan Pak Didin Komara, Head of Product Offer dari Allianz Indonesia untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Masing-masing kantor memberikan polis yang berbeda, mulai dari asuransi kesehatan atau BPJS dan sebagainya. Di sinilah pentingnya memahami apa yang diberikan perusahaan kepada karyawannya sesuai jabatan yang disandang. Pak Didin menjelaskan bahwa umumnya rawat jalan dan rawat inap ditanggung, adapula yang digabung dengan proteksi ketika meninggal dunia. Lantas apakah keuntungan memiliki asuransi tambahan di luar yang diberikan perusahaan?

1. Kelebihan Jumlah
Asuransi kesehatan yang diberikan perusahaan tentu menyesuaikan jabatan. Jika ternyata saat berobat, jumlah yang ditanggung tidak mencukupi, maka peran asuransi pribadi di sini akan sangat bermanfaat untuk menutup kekurangan tersebut.

BACA PULA:
Lengkapi BPJS Anda Dengan Uang Tunai
Mengenal Asuransi Kesehatan Allianz

2.  Antrean
Banyak perusahaan yang memberikan fasilitas BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kepada karyawannya. Namun bisa dibayangkan antrean dari pengguna BPJS pastinya akan sangat panjang. Dengan menggunakan asuransi pribadi, maka antrean bisa dihindari karena mendapat kemudahan tersendiri.

3. Meninggal
Tidak semua perusahaan meng-cover saat karyawannya meninggal dunia. Setelah memeriksa pihak perusahaan dan ternyata didapati tidak ada asuransi jiwa, maka Anda akan mendapatkan proteksi dari asuransi pribadi sesuai premi yang dibayarkan.

4. Sesuai Kebutuhan
Setiap asuransi akan menyesuaikan premi yang dibayarkan, dan asuransi yang diberikan kantor belum tentu fasilitasnya cocok dengan yang diinginkan karyawan. Untuk mendapatkan pelayanan sesuai keinginan tersebut, bisa didapat dari asuransi pribadi sesuai premi. Contohnya adalah jenis kamar rawat inap.

5. Pensiun
Saat pensiun, otomatis asuransi dari perusahaan akan terhenti karena karyawan berhenti bekerja. Asuransi kesehatan atau keluarga pun tak lagi dimiliki. Jika ternyata ingin mendaftarkan sebagai nasabah di usia lanjut, kemungkinan ditolak oleh pihak asuransi dan kalupun diterima, jumlah premi bisa jauh lebih tinggi. Jadi, membeli polis asuransi jiwa di usia muda dengan durasi pertanggungan yang panjang mungkin lebih menguntungkan.

6. Di Jalan
Dengan memiliki asuransi kecelakaan pribadi, maka karyawan yang memiliki asuransi pribadi untuk kendaraan bisa melindungi diri jika terjadi kecelakaan baik dalam kendaraan, maupun di jalan raya dan tidak terbatas waktu dan lokasi kejadian.

Masih ragu memiliki polis asuransi jiwa di luar kantor tempat bekerja? Pertimbangkanlah bahwa polis akan melindungi hingga usia yang dibutuhkan, bukan hanya selama bekerja di kantor tersebut. Selain itu, belum tentu jumlah pertanggungan yang diberikan oleh asuransi jiwa dari kantor sesuai dengan jumlah ideal yang Anda dan keluarga butuhkan dan yang terpenting memberikan rasa ‘peace of mind’ atau ketenangan batin.

Sumber: Allianz Indonesia

Financial Planner
Didit Aby
Agen Asuransi : Klaten, Solo, Jogja, Boyolali, Sukoharjo
085 6959 13013

Masukkan email untuk berlangganan:

2 Responses to "Sudah Punya Asuransi Dari Kantor, Asuransi Pribadi Perlukah?"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya setuju memiliki asuransi pribadi di samping sudah ada asuransi dari kantor. Asuransi pribadi pun juga tak kalah penting karena manfaatnya yang banyak dan memiliki keuntungan. Saya pun merekomendasikan Allianz untuk menjadi asuransi kesehatan pemberi perlindungan terbaik.

    BalasHapus