Bagaimana Memilih Asuransi Kesehatan Yang Ampuh

agen asuransi klaten, jogja, solo, boyolali, sukoharjo, yogyakarta
Saat seseorang divonis menderita penyakit kritis, apa yang paling penting bagi dirinya? Hanya satu: PERAWATAN RUMAH SAKIT TERBAIK. Dalam kondisi seperti ini dia tak bisa lagi tawar menawar dengan biaya. Jika anda jeli memilih asuransi kesehatan yang AMPUH, problem biaya akan teratasi.

Poinnya, kalau sampai sakit, masuklah ke rumah sakit yang sesuai rujukan, mendapatkan pelayanan yang baku. Sistemnya memastikan bahwa semua biaya akan dicover, tidak lagi harus bingung bagaimana bayarnya.

Berapa lama penyakit kritis bisa disembuhkan? Tidak dapat dipastikan. 
Penyakit kritis adalah penyakit berbiaya mahal dengan masa penyembuhan yang panjang. Banyak kasus dimana pasien harus terus menerus berada di rumah sakit dalam waktu sangat lama. Asuransi kesehatan memberi batas 200 hari per tahun bisa jadi cukup bisa pula tidak. Bagaimana jika perawatannya butuh waktu 400 hari? 
Asuransi kesehatan yang ampuh seharusnya tidak dibatasi waktu hari perawatan.

Tadi asumsinya perawatan di dalam negri loh... bagaimana jika di luar negeri?
Tentu saja muncul masalah baru kalau perawatan dilakukan di luar negeri. Bayangkan, 1 Tahun penuh perawatan di luar negeri! Itulah konsekuensi dari mendapat pelayanan pemeliharaan kesehatan terbaik. Sakit Kritis tidak bisa dibuat sembuh dengan cepat seperti Wolverine dalam film X-Men, tidak ada yang begitu. Jika memang harus sembuh perlahan, apa BOLEH buat. 

BACA PULA:
Kisah Bantuan Medis Dimanapun Anda Berada 
Jangan Mau dibodohi Dengan Investasi Di Asuransi 

Dengan standar dokter yang tersedia anggap saja semua pelayanan dokter itu sama bagusnya. Tidak bisa memilih-milih dokter. Apakah dengan begitu kesehatan dijamin? ....hampir di jamin, tentunya tidak ada yang bisa menjamin kesembuhan. Kita harus cukup puas dengan siapapun dokter yang merawat, apapun tingkat kompetensinya.

Faktanya, tetap ada masalah, tidak semua dokter mempunyai kompetensi yang sama standarnya. Jika seseorang sakit, yang diinginkan adalah kesehatan kembali. Untuk itu pasien butuh: DOKTER TERBAIK

Bagaimana jika dokter terbaik berada di Singapura? Ya harus ke Singapura. Bagaimana kalau ada di Amerika Serikat? Ya harus ke Amerika Serikat. Pasien tidak bisa meminta dokter tersebut datang ke Indonesia, gak masuk akal. Perawatan untuk mengembalikan kesehatan penuh tidak dapat dibatasi oleh negara. 
Maka, layanan Asuransi kesehatan yang ampuh harus mencakup lokasi seluruh dunia, supaya mendapat dokter terbaik.  

Perawatan jangka panjang juga membutuhkan kamar sendiri -- satu kamar satu ranjang. Pelayanan pemulihan kesehatan ini tidak lagi bisa diukur dari harga kamar di rumah sakit, seperti yang diberikan banyak asuransi kesehatan, "plan kamar 500 ribu, atau 800 ribu, atau 1 juta". Masalah dengan plan seperti itu adalah, biaya kamar dari tahun ke tahun meningkat oleh karena inflasi, Biaya yang terlihat cukup lima tahun yang lalu, tidak lagi cukup untuk saat ini. 

Bagaimana jika kondisi pasien sangat berat, sehingga harus dirawat di ICU dalam jangka panjang? Sering dengar kan pasien harus dikeluarkan dari ICU bukan karena sembuh tapi karena keluarga kehabisan uang? 

Ada pula situasi dimana penggantian oleh asuransi kesehatan Non Tunai/Cashless hanya dibatasi sekian puluh hari, dengan nilai penggantian dua kali lipat dari harga kamar. Padahal, di dalam pelayanan ICU seringkali ada faktor penting yang tidak bisa dibatasi lamanya atau biaya medis untuk perawatan khusus. 
Bayangkan pula jika hal ini terjadi di luar negeri! Idealnya, Asuransi kesehatan yang ampuh juga menjamin perawatan di ICU secara penuh.

Ketika yang sakit adalah anak-anak anda, tentunya tidak mungkin anda sebagai orang tua membiarkan anak anda sendirian di rumah sakit. Apalagi di rumah sakit di luar negeri. Jika orang tua menginap tentu ada biaya tambahan yang harus ditanggung. Bagaimana jika perawatan dilakukan dalam jangka panjang? Biaya untuk akomodasi orang tua menjadi meningkat. 
Pelayanan pemulihan kesehatan harusnya turut memberikan biaya akomodasi untuk orang tua. Di dalam negri pun BPJS ternyata tidak memberikan biaya akomodasi ini, apalagi jika di luar negri.

Masih tentang santunan, dengan kondisi masuk rumah sakit maka ada pendapatan yang hilang karena tidak bekerja. Pelayanan pemulihan kesehatan perlu dihubungkan dengan santunan per hari untuk mengganti pendapatan yang hilang ini, menjadi suatu jaminan yang penuh.

Bersambung disini

Sampai disini layanan asuransi ideal tersebut tampaknya terlalu mengada-ada, padahal sebenarnya ada. Membutuhkan penjelasan lebih lanjut? Silakan hubungi saya...

Didit Aby
085867941941

Masukkan email untuk berlangganan:

1 Response to "Bagaimana Memilih Asuransi Kesehatan Yang Ampuh"

  1. Artikel ini sangat bermanfaat karena memilih asuransi kesehatan memang perlu banyak pertimbangan. Dengan adanya artikel ini tentunya sangat membantu bagi orang dalam memilih asuransi kesehatan agar tidak salah memilih nantinya

    BalasHapus